Evaluasi SEACYBERCLASS

on Kamis, 22 Desember 2011

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa ada logo SEAMOLEC dan siapa saya?

Perkenalkan nama saya Tri Septianto, bersekolah di SMK Negeri 1 Surabaya kelas XII dan berada di Program Keahlian RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Dan saya juga mantan siswa Magang di SEAMOLEC dengan Proyek SEACYBERCLASS untuk JATIM terhitung dari tanggal 1 Februari 2011 sampai 1 Agustus 2011 pada waktu saat itu saya masih kelas XI. Saya disini akan bercerita sedikit tentang SEACYBERCLASS dan mengevaluasi sesuai pandangan saya.

SEACYBERCLASS merupakan program kerja dari SEAMOLEC, dimana itu merupakan suatu sistem ujian online via streaming video dengan dilengkapi fasilitas LJK dan memakai alat scan dalam proses koreksinya.




Pada saat saya magang, saya ditugaskan di SMK Negeri 6 Surabaya. Dimana disana saya ikut menjadi panitia serta perwakilan dari SEAMOLEC. Dan memasuki tahun ajaran baru 2011 - 2012 dimana saya sudah berstatus siswa magang dan awalnya menjadi panitia kini saya menjadi siswa yang harus jadi pelaksana.

Evaluasi dari saya ketika menjadi panitia di SMK Negeri 6 Surabaya dan menjadi pelaksana di SMK Negeri 1 Surabaya ialah :

1. Tujuan SEACYBERCLASS ialah menciptakan sebuah sistem ujian online sehingga penggunaan kertas bisa diminimalis, hal ini cocok buat peran untuk Lingkugan saat ini

2. Dalam beberapa pertanyaan yang saya ajukan ke teman-teman saya, baik SMK Negeri 6 dan SMK Negeri 1 Surabaya, "Efektifkah ujian ini?". Banyak opini dan kritik yang masuk. Misalnya :

1. Efektif tp kurang maksimal
2. Daya pikir orang berbeda-beda, ada yang mengganggap soalnya terlalu cepat berganti dikarenakan sistem timernya yang kurang tepat, misalnya pergantian setiap soal memakai timer yang sama padahal bobot soal berbeda
3. Mungkin ujian yang memakai listening bisa di laksanakan di sekolah yang punya banyak speaker atau mempunyai sound yang memadai, sedangkan kalau soal listening di laksanakan ke dalam sekolah yang belum memadai, Apakah ujian ini bisa berlanjut ?

0 komentar:

Posting Komentar